Vihara Terbesar di Indonesia
Tempat , TERBARU 06:54
0
Shares

SejarahRI.com – Vihara adalah tempat ibadah umat Buddha. Mereka biasanya menggunakan tempat tersebut untuk acara ritual tertentu.

Jumlah vihara di Indonesia masih sedikit bila dibandingkan dengan rumah ibadah agama lain. Karena Buddha merupakan agama minoritas di negeri tersebut.

Meski demikian, ternyata mereka memiliki sebuah rumah ibadah yang sangat megah. Bahkan, kabarnya merupakan vihara terbesar di Indonesia.

Vihara apa dan di mana lokasinya? Vihara yang dimaksud itu adalah Maha Vihara Maitreya. Rumah ibadah ini berada di Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara Boulevard Utara No 8, Medan, Sumatera Utara.

Vihara ini dibangun sejak 1991. Namun baru diresmikan pada 21 Agustus 2008. Setelah diresmikan, ternyata vihara ini dianggap sebagai vihara terbesar di Indonesia. Kalau dilihat dari luas bangunannya klaim tersebut nampak benar.

Dari saking luasnya, vihara ini mencapai 4,5 hektar. Fasilitas yang dibangun terdiri dari 3 gedung utama. Untuk tempat pemujaan Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avolokitesvara, Bodhisatva Satyakalama digunakan gedung pertama.

Ruangan ini bisa menampung sekitar 1.500 orang. Daya tampung yang lebih besar, mampu sampai 2.500 orang, terdapat pada gedung kedua. Gedung ini digunakan sebagai area Baktisala Maitreya dan Baktisala Patriat Suci.

Bahkan di dalamnya juga terdapat aula serbaguna. Aula tersebut dapat digunakan sebagai ruangan apapun. Biasanya sering dimanfaatkan sebagai ruang makan khusus acara resepsi.

Adapun gedung ketiga, hanya bisa menampung 2.000 orang. Bila dibandingkan gedung pertama lebih besar namun lebih kecil bila dibandingkan dengan gedung kedua.

Menariknya, pada tiap gedung terdapat wisma. Wisma yang tersedia seperti di gedung pertama dilengkapi dengan ruang ruang perkantoran, ruang rapat, studio rekaman, dan dapur umum.

Di luar gedung, ada genta kabahagiaan raksasa. Tingginya 3,3 meter dan beratnya, 7 ton. Genta ini diukir dengan sebuah kalimat, “Dharma Hati Maitreya”.

Selain itu, vihara ini juga dilengkap dengan Taman Avolokitesvara. Ada sarana main untuk anak-anak dan restoran vegetarian serta toko souvenir. Lokasinya berada di sebelah kanan gedung utama.

Asyiknya lagi, Maha Vihara Maitreya terbuka untuk umum dan biayanya gratis. Traveler mancanegara pun tak sedikit yang datang ke sini, untuk merasakan pengalaman berkunjung ke salah satu vihara terbesar se-Indonesia,” tulis Detik.com.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs