Siapakah Vladimir Putin?
Sejarahnya Dunia 23:45
0
Shares

BIOGRAFI

Vladimir Vladimirovich Putin, Presiden Federasi Rusia terpilih pada tahun 2012. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden sementara Rusia pada 31 Desember 1999, saat menggantikan Boris Yeltsin dan kemudian terpilih menjadi presiden pada 7 Mei 2000 serta terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2004.

Lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di St Petersburg, merupakan anak tunggal karena dua saudaranya meninggal ketika masih kecil. Meskipun saat ini menjadi pemimpin pemerintahan komunis, Putin dibaptis berdasarkan kepercayaan Gereja Ortodoks. Pada 28 Juli 1983 putin menikahi Lyudmila Aleksandrovna. Mereka memiliki dua orang anak perempuan, Mariyana Putina (lahir pada 28 April 1985 di St Petersberg) dan Yekaterina Putina (lahir pada 31 Agustus 1986 di Dresden).

Pria yang menyukai olahraga Judo ini memulai karir awalnya dengan bergabung di KGB atau singkatan dari Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnost (Komisi Keamanan Negara) yang merupakan badan intelijen Uni Soviet pada tahun 1975 sampai pada tahun 1990 dan menjalin aliansi dengan Anatoly Sobchak, walikota St Petersburg, serta berkerja padanya sebagai asisten sejak Maret 1994. Mulai pada saat itu, karir politik Putin terus menanjak. Dia mendapat banyak rekomendasi, mulai dari sebagai pejabat administrasi kepresidenan, kepala Ferderal Security Bureau (FSB) serta sebagai perdana menteri Rusia pada Agustus 1999. 

Menjelang awal tahun 2000, Boris Yeltsin mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan dan menunjuk Putin sebagai presiden sementara Rusia. Pada pemilihan presiden tanggal 26 Maret 2000, Putin memperoleh suara sebanyak 52.95% dari jumlah pemilih. Secara resmi Putin menjabat sebagai presiden Rusia pada tanggal 7 Mei 2000.

Dalam masa kepemimpinannya, Putin mampu mengangkat kembali Uni Soviet setelah kejatuhannya yang menjadi sebuah tragedi nasional. Putin menciptakan banyak kemajuan di berbagai bidang, di antaranya dalam bidang Ekonomi yakni pendapatan real yang meningkat rata-rata 7% setiap tahunnya, dalam bidang bidang industry, dalam bidang energi Nuklir, pertahanan dan militer, lingkungan, serta olahraga. 

Selain itu, Putin juga mampu menjalin hubungan internasional yang baik dengan beberapa Negara, di antaranya dengan Amerika Serikat, Inggris, China, Iran, Autralia serta Negara-negara Amerika latin. Dengan begitu banyak pencapaian, Putin mendapatkan respon yang begitu baik oleh masyarakat Rusia. Persentase kepopularitasan Putin meningkat dari 31% pada bulan Agustus 1999 menjadi 80% pada November 1999 dan sejak saat itu tidak pernah menurun dibawah 65% selama masa kepemimpinannya. (sumber: merdeka.com)

15 Fakta Putin

1. Putin menyukai sarapan yang sederhana

Menu makan paginya biasanya berupa omelet , telur puyuh, dan bubur dengan ditemani kopi dan jus. Semua makanan tersebut berasal dari pertanian seorang pemimpin religius Rusia.

2. Putin sangat suka berolahraga dan melakukan latihan

Sang Presiden menghabiskan dua jam sehari untuk berenang , dia juga rajin mengunjungi gym dan melakukan angkat berat.

3. Menyukai buku mengenai tokoh sejarah

Presiden Putin menyukai buku-buku mengenai tokoh-tokoh sejarah terutama yang berasal dari Rusia. Dia tidak menyukai novel.

4. Putin menyukai mandi air dingin

Mungkin karena dia orang Rusia, Putin juga mandi dengan air hangat. Namun cuaca dingin tidak menghalanginya untuk menggunakan air dingin.

5. Dia tidak suka main internet

Menurutnya layar di dalam layar, dan papan berisi pesan membuatnya pusing.

6. Tidak bisa diberi susu

Entah apa alasannya, Putin juga tidak memakan makanan yang disuguhkan oleh tuan rumah yang dikunjunginya. Semua makanannya harus diperiksa oleh petugas dari Kremlin terlebih dahulu.

7. Belajar bahasa Inggris dengan cara menyanyi

Dia mempunyai tutor yang membantunya belajar di kelas sore.

8. Putin adalah seorang pecinta binatang

Dia adalah seorang penyayang binatang, mempunyai seekor anjing Labrador.

9. Selalu membawa rombongan besar saat bepergian

Rombongannya terdiri dari koki Rusia, pelayan, tukang bersih-bersih, yang melayani Putin sesuai standar yang dia inginkan. Dia juga mengganti seluruh peralatan mandi hotel tempatnya menginap dengan peralatan mandi pribadinya, serta membawa buah-buahan segar dari Kremlin yang dikemas dengan segel anti kontaminasi.

10. Sang presiden tidak banyak mengobrol

“Dia tidak bicara, dia merasa tidak perlu tersenyum, dia tidak minum-minum. Setiap saat selalu ada 10 orang berada di sekelilingnya, Anda tidak bisa berada dalam jarak 3 meter di dekatnya,” kata seorang penerjemah kepada Newsweek. (sumber: okezone.co.id)

11. Pertemuan Putin dan Lyudmila.
Putin dan mantan istrinya, Lyudmila Skrebneva, kenal berkat seorang teman ketika mereka berada di Leningrad selama beberapa hari. Lyudmila yang berprofesi sebagai pramugari dianggap Putin sebagai wanita yang luar biasa. “Saya sudah terbiasa hidup membujang, tapi Lyudmila mengubah itu,” kata Putin dalam biografinya. Merasa cocok, keduanya pun menikah pada 28 Juli 1983.

12. Putin merupakan ayah yang baik.
Kelahiran dua buah hati tampaknya bisa mengubah sosok mantan agen KGB (agen intelijen Uni Soviet) yang kaku dan terkesan seram menjadi sosok yang lembut. Putri pertama Putin, Maria, lahir pada 1985. Kelahirannya kemudian disusul oleh munculnya Katerina, setahun kemudian. Nama kedua gadis tersebut diambil dari nama dua nenek mereka. Lyudmila menggambarkan Putin sebagai ayah yang penuh kasih. “Putin selalu memanjakan mereka. Sementara aku justru yang mendisiplinkan mereka,” kata Lyudmila.

13. Diduga selingkuh.
Putin sempat dikabarkan menjalin hubungan asmara dengan mantan pesenam Olimpiade, Alina Kabayeva, sejak 2008. Namun keduanya membantah hubungan itu. Kabayeva merupakan salah satu pembawa obor terakhir di Olimpiade Musim Dingin Sochi, sebuah proyek mercusuar Putin.

14. Berasal dari keluarga biasa.
Meski memiliki karier politik yang cemerlang, Putin rupanya berasal dari keluarga biasa. Ia juga menempuh pendidikan layaknya kebanyakan warga Rusia. “Saya berasal dari keluarga biasa. Yang saya dapat sekarang adaah hasil proses yang begitu lama, hampir seluruh hidup saya,” tulisnya dalam biografi.

15. Anak mama.
Kedekatan Putin dengan ibunya membuatnya harus berjuang ekstra untuk mendapatkan izin sang ibu dalam berbagai hal, termasuk menekuni olahraga kegemarannya, judo. “Setiap kali saya hendak berlatih, ibu saya selalu menggerutu, ‘Huh, dia pergi ke perkelahian lagi,’” kenang Putin dalam biografinya. (sumber: tempo.co.id)




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs