Sejarah Kecelakaan Kapal di Danau Toba
Tempat , TERBARU 17:34
0
Shares

SejarahRI.com – Danau raksasa bernama Toba itu kembali berduka. Jumat malam (22/6/2018), sebuah kapal Ramos Risma Marisi yang melintasi perairan tersebut mengalami kecelakaan.Empat hari sebelumnya, Senin sore (18/6/2018), KM Sinar Bangun yang terguling.

Kejadian ini terjadi secara berturut-turut dalam kurun waktu kurang satu minggu. Sehingga, ini benar-benar menyita perhatian berbagai media.

Sebenarnya, sebelum dua kapal motor tersebut, tercatat beberapa kapal pernah mengalami hal serupa (kecelakaan) di danau tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, kapal-kapal itu sudah berlangsung sejak lama.

Tabrakan
Kali pertama kecelakaan terjadi di danau tersebut, yakni pada 1955. Peristiwa itu disebabkan dua kapal yang saling bertabrakan.

Kejadian ini memakan korba jiwa. Terdapat 55 penumpang meninggal dunia.

Kecelakaan sejenis (tabrakan) terjadi kembali lada tahun 1986 dan 1987. Tak sedikit juga korban jiwa yang berjatuhan akibat dua peristiwa berturut-turut itu.

Peldatari
Sebuah KM Peldatari bernasib naas saat mengantar penumpangnya pada suatu hari di tahun 1997. Kapal tersebut tenggelam di danau terbesar se-Indonesia itu.

Kecelakaan diduga disebabkan oleh muatan yang berlebih dan tak sesuai kapasitas. Persis seperti yang dialami KM Sinar Bangun itu.

Akibat kecelakaan tersebut, banyak penumpang meninggal dunia. Bahkan, kecelakaan KM Peldatari ini dianggap sebagai kecelakaan terbesar yang pernah terjadi di danau itu.

Insiden Pesta Danau
Saat masyarakat merayakan pesta Danau Toba pada tahun 2013, sebuah insiden terjadi tanoa diduga. Sebuah kapal motor bertabrakan dengan kapal ferry Rao Toba I.

Akibat peristiwa ini, 4 penumpang dinyatakan hilang. Sedangkan 81 lainnya berhasil dievakusi ke darat.

Pesta yang seharusnya digelar secara meriah, lantaran kejadian itu menjadi terselimuti duka yang mendalam. Masyarakat bukannya dihibur, melainkan disuguhi insiden kecelakan.

Kapal kayu versus kapal boat
Pada bulan Mei 2016, kecelakaan kembali terjadi di danau yang sama. Insiden ini disebabkan oleh tabrakan antara kapal boat dengan kapal kayu.

Kejadian tersebut membuat banyak media terpanggil untuk meliput. Publik Indonesia ramai oleh berita ini.

Namun beruntung insiden ini tak memakan korban jiwa. Hanya banyak penumpang yang mengalami luka-luka.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id