Sejarah Benteng Kura-kura
Tempat , TERBARU 16:15
0
Shares

SejarahRI.com – Bila ditengok dari atas, benteng itu akan tampak menyerupai kura-kura. Di bagian kepala terdapat pintu utama. Sedangkan empat buah kaki adalah sudut benteng. Fungsinya sebagai menara intai dan pertahanan. Dari itu, benteng yang berada di Bengkulu ini dikenal sebagai Benteng Kura-kura.

Benteng ini didirikan oleh Kerajaan Inggris Raya pada era pemerintahan Gubernur Jenderal Joseph Collet. Pembangunannya menghabiskan waktu kurang lebih selama lima tahun, yakni dari 1714 sampai dengan 1719. Benteng yang berdiri kokoh bibir pantai lepas Samudra Hindia ini diberi nama Fort Marlborough.

Tingginya kira-kira, 8,5 meter di atas permukaan laut dan luasnya, 44.100 meter persegi. Pada empat sudutnya terdapat meriam pertahananan. Dulu, sejak benteng ini masih aktif, meriam-meriam tersebut digunakan untuk menghancurkan kapal musuh yang mencoba memasuki wilayah tersebut.

Maksud pendirian benteng (ini, Red) adalah untuk mempertahankan kekuasaan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera dari ancaman Belanda,” tulis I.G.N. Anom, dkk., dalam Hasil Pemugaran dan Temuan Benda Cagar Budaya PJP I (1996).

Dulu, Benteng Marlborough ini difungsikan sebagai bandar utama pelabuhan laut. Koloni Inggris mengontrol masuk keluarnya kapal dari benteng ini. Menurut ahli sejarah, benteng ini merupakan benteng jejak Inggris terbesar di Asia Tenggara. Tujuan pembuatannya tak lain adalah untuk pertahanan militer dan kelancaran bisnis mereka di Bengkulu.

Pada 17 Maret 1824 di London, Inggris dan Belanda membuat perjanjian. Perjanjian ini dikenal dengan traktat London. Pada kesempatan itu, Inggris diwakili George Canning dan Charles Watkins Williams Wynn. Sedangakn, Belanda diwakili oleh Hendrik Fagel dan Anton Reinhard Falck.

Hasil dari keputusan itu adalah kedua negara itu saling bertukar negeri jajahannya. Inggris dan Belanda menukar wilayah jajahannya. Inggris memberikan wilayah kekuasaannya di Bengkulu dan sebagian di Pulau Sumatera. Sedangakan Belanda menyerahkan Malaka dan Semenanjung Melayu.

Sejak itu pula, benteng tersebut jatuh ke tangan Belanda. Selama berada di bawah kendali Belanda, benteng ini fungsinya masih sama yakni tetap sebagai benteng pertahanan. Begitupun ketika Jepang masuk.

Benteng ini mengalami pemugaran “pada tahun anggaran 1977/1978-1983/1984 oleh Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bengkulu dan Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bengkulu,” catat I.G.N. Anom, dkk (1996).

Saat pemugaran dilakukan, di dalam bangunan ini ditemukan sebuah tulisan di sebelah lukisan kompas yang berada di dalam sel. Bunyi teksnya, “Die dit kompas mnzii berisp den knoeijer niet bedenk dat-lee cen leidt en dat voor tijdverdrijf ik dit hier nederschrijf.”

Pada 14 Oktober 1983, Prof. DR Haryati Soebadio selaku Direktur Jenderal Kebudayaan kala itu menerjemahkannya, “Barang siapa mengamati kompas ini janganlah memarahi yang membuat coretan ini, ingatlah bahwa kesengsaraan dan waktulah yang membuat saya mencoret-coret di sini dan waktu saya menulis ini.”

Setelah proyek tersebut rampung, dia meresmikan pemugaran itu. Dan tepat pada 24 April 1984, benteng ini dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata. Penting berkunjung ke sana, karena benteng ini sarat pesan-pesan sejarah. Saat masa pembunganan ke Bengkulu, Bung Karno sempat mendekam di ruangan tahanan Benteng ini.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs