Ritual Unik Patorani Bugis: Sejarah dan Rangkaian Prosesi
Serba-Serbi , TERBARU 16:54
0
Shares

Siapa yang tahu bangsa Bugis? Suku ini memang dikenal sebagai penakluk lautan. Ketangguhannya mengarung samudera tak pernah diragukan dan tercatat dalam sejarah. Namun ternyata, di balik keahlian para pelautnya, mereka mempunyai tradisi ritual bahari yang unik.

Mereka menyebut upacara itu dengan “Patorani”. Istilah ini berasal dari kata “Tobarani” dan memiliki arti, “pemberani”. Dinamai ini karena memang memiliki akar sejarah.

Waktu Belanda berupaya menguasai wilayah Bugis, Sulawesi Selatan, Kerajaan Galesong, Takalar tak terima. Para pemberani yang melakukan pemberontakan disebut “Tubaraniyya” dalam bahasa Makassar.

Para laskar itu mendukung gerakan Trunojoyo, menantu Sultan Agung dari Kerajaan Mataram dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda. Peristiwa itu meletus dalam rentan waktu, dari tahun 1674 s/d 1679 di Tuban, Jawa Timur.

Para laskar Tubaraniyya ini yang kemudian diyakini sebagai orang yang pertama kali melihat banyak ikan terbang bersayap. Orang Makassar menyebutnya ikan tuing-tuing. Supaya bisa menangkapnya, mereka melakukan berbagai cara.

Dari situlah kenapa upacara tersebut diberi nama “Patorani” yang tak lain sebagai turunan dari kata “Tobarani”. Ritual ini dilakukan oleh neyalan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ketika hendak mencari ikan terbang.

Itu ritual wajib yang sudah sejak lama dipelihara oleh kami para pelaut atau nelayan di sini yang merupakan warisan nenek moyang kita,” kata Daeng Narang, seorang nelayan di Galesong sebagaimana diliris oleh Liputan6.com Sabtu, 21 Mei 2016.

Laman portal tersebut juga menghimpun data terkait rangkaian persiapan sebelum melepas para nelayan ke laut luas. Semuanya ada 6 sesi.

Pertama,Accini Allo”. Ini adalah sesi penentuan tanggal yang baik. Dalam melaksanakan sesi ini, para tokoh adat berkumpul dan bermusyawarah dengan para Patorani. Pada rapat ini, mereka membicarakan waktu yang tepat untuk terjun ke laut.

Kedua, “Annisi”. Pada sesi ini mereka menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Para Patorani menarik kapal mereka ke laut (Abbeso’ Biseang). Di sana, selama seminggu mereka mengecek segala peralatan penangkapan ikan terbang.

Ketiga, “Apparada”. Sesi “apparada” adalah waktunya mereka memperindah kapal. Mereka bisanya mengecatnya. Prosesi ini diikuti dengan pengambilan serta menyiapkan daun kelapa (Angngalle Leko’ Kaluku). Daun-daun kelapa tersebut yang nanti akan digunakan sebagai pembungkus ikan-ikan terbang (Juku’ Tuing-Tuing).

Keempat,Appanai’ Pakkajang”. Nah pada prosesi ini mereka yang berangkat menangkap ikan terbang mengisi kapal dengan berbagai perbekalan. Mereka tak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh sanak keluarga dan para tetangga terdekat.

Kelima,Appanaung Rije’ne”. Setelah semuanya sudah siap meluncur, mereka tak langsung terjung ke laut. Masih ada prosesi lagi, “Appanaung Rije’ne”. Pada prosesi ini mereka melarung sesajen sambil menyanyikan lagi daerah Makassar. Ini adalah inti dari ritual “Patorani”. Lalu setelah itu, mereka mendorong kapal ke laut.

Dan yang keenam sebagai prosesi penutup, mereka berdoa bersama. Prosesi ini disebut dengan “Appassili”. Setelah berdoa, mereka para pemberani itu terjun ke laut. Para keluarga mereka melepas ikhlas sembari melambaikan tangan dengan harapan dapat kembali selamat serta pulang membawa ikan terbang.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs