Sejarah “Pulau Awet Muda”
Tempat , TERBARU 18:45
0
Shares

Di sebelah timur Jawa, terdapat sebuah pulau yang terkenal dengan garam dan tembakaunya. “Madura”, namanya. Pulau itu tak tunggal. Di sekitar induk masih ada gugusan-gugusan kecil yang mengitari.

Di ujung paling timur, pada titik koordinat 06o 59’ 9” LS dan 114o 10’ 29” BT terbentang sebuah pulau dengan luas hanya 921,9 Ha. Itulah “Pulau Giliyang” yang pada tahun 2016 sempat menyita perhatian berbagai lensa media nasional. Karena pulau itu memiliki kadar oksigen terbaik nomor dua di dunia setelah Yordania.

Dari itu Kompas.com (1 Juli 2017) menyebutnya sebagai “Pulau Awet Muda”. Karena siapa yang tinggal di pulau ini dapat menghirup udara segar tanpa polusi. Dan, itu tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengedalian Penyakit, Jawa Timur menyebutkan bahwa kadar oksigen yang terdapat di pulau itu lebih tinggi dari rata-rata.

Hal itu terjadi lantaran pulau tersebut masih belum terjamah modernisasi dalam artian pembangunan dan industrialisasi. Pulau ini benar-benar steril dari berbagai macam hal yang dapat menurunkan kadar oksigen.

Untuk dapat menginjakkan kaki di tempat itu, para pengunjung terlebih dahulu harus naik perahu di Pelabuhan Dungkek, Sumenep Bagian Timur. Perjalanan menyebrangi laut hanya memakan waktu 45 menit berdasarkan laporan Liputan6.com, 19 Juli 2016.

Selain memiliki oksigen terbaik di dunia, pulau tersebut juga punya sejarah asal usul yang unik. Sebagaimana yang dipaparkan pada laman resmi Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, pulau ini ditemukan oleh seorang pelaut asal Mandar pada tahun 1926. Namanya adalah Daeng Masaleh.

Berdasarakan cerita dari sesepuh di pulau itu, dia datang dari Sulawesi. Dalam perjalanan menuju pulau itu, dia dituntun Ikan Hiu. Dia mendarat pertama kali di ujung utara pulau. Lalu, pindah ke bagian timur dan menetap di sana, di sebuah tempat yang kelak dikenal sebagai Desa Bancamara.

Di tempat barunya itu, dia membabat hutan dan membuat perkampungan hingga datang penduduk asli Madura dari pulau induk dan beberapa pulau kecil lainnya. Berkat jasanya, Giliyang disulap menjadi perkampungan. Penduduk yang tinggal di sana sekarang kebanyakan berasal dari Suku Madura asli.

Adapun mengenai asal usul namanya, ada versi cerita. Pertama, nama awal pulau itu adalah “Gila Iyang”. Artinya, “gila dari nenek moyang”. Dulu, pulau ini sempat dijadikan sebagai tempat pembuangan orang gila. Sejak pertama kali ditemukan, banyak orang gila tinggal di sana.

Kedua, namanya adalah Gili Elang sinonim dari Polo Elang dalam bahasa Madura. Frasa ini punya arti, “pulau hilang”. Disebut demikian karena sejak era Hindia-Belanda, pulau tersebut tak ditemukan. Pihak pemerintah kolonial itu malah menemukan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya.

Namun terlepas dari cerita mana yang benar, yang jelas pada tahun 2006, nama yang dibakukan berdasarakan hasil verifikasi Tim Pembakuan Nama Rupabumi adalah “Giliyang”. Karena nama itu memang sudah akrab di lidah orang Madura.

Pada tahun itu juga, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menemukan bahwa kadar oksigen di pulau itu memiliki kadar yang sangat tinggi. Sehingga kemudian hari dikenal sebagai “Pulau Awet Muda” karena ternyata kadar oksigennya terbaik di dunia.

Tempat ini cocok buat para wisatawan yang ingin menghirup udara segar. “Banyak yang belum mengenal pulau ini kan? Silakan coba, menghirup oksigen terbaik di sana,” himbau Menteri Pariwisata, Arief Yahya (27 Juni 2017), sebagaimana dirilis Kompas.com.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs