Presiden Indonesia dan Hobi Motor Gede
Serba-Serbi , TERBARU 22:33
0
Shares

8 April 2018, jalanan utama di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi dipadati warga. Mereka ingin menyaksikan presidennya, Joko Widodo mengendarai motor gede (moge). Sebagaimana diwartakan Tempo.co, lelaki yang akrab dipanggil “Jokowi” menempuh perjalanan dari depan kantor kecamatan hingga Pantai Pelabuhan Ratu.

Orang nomor satu di Indonesia itu menunggangi sepeda motor Chopperland. Sebagaimana dijelaskan oleh Kumparan.com (9 April 2018), motor ini menyajikan kubikasi mesin 346 cc satu silinder dari motor Royal Enfield Bullet. Torsi maksimalnya mencapai 28 Nm pada 4.000 rpm dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga yang bisa dihasilkannya sebesar 20 daya kuda (hp) pada 5.250 rpm.

Hobi moge semacam ini di kalangan presiden ternyata bukan perkara baru. Beberapa Presiden Indonesia sebelumnya juga dikenal sangat mencintai moge. Di antaranya, seperti Soeharto, Habibie, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

moge suharto2

Soeharto memang sering menggunakan moge untuk jalan-jalan bersama kawan-kawannya. Foto terkait itu juga banyak. Moge yang sering dia kendarai adalah Harley Davidson. Namun, sebagaimana dijelaskan Kumparan.com, motor “yang digunakan Pak Harto ini cukup sulit dikenali tipenya.

Setidaknya berdasarkan informasi yang didapat dari Jusri Pulubuhu, rider dari komunitas Harley Davidson Indonesia, motor yang kerap dikendari “Bapak Pembangunan” itu adalah Harley Davidson Softail Classic produksi 1986 dan kodenya, FLSTC.

Motor ini dilengkapi mesin V-Twin berkapasitas 1.337 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan 67 tenaga kuda (hp) pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 97 Nm pada 2350 rpm dan berpendingin udara.

Ukuran ban depan dan belakang adalah 16 inci. Rangkanya double cradle. Bentuk lampu utamanya bulat. Motor ini oleh Penguasa Orba itu ditambah sespan (sidecar) supaya dapat membawa penumpang lain. Orang yang pernah mendudukinya, di antaranya adalah Letjen TNI (Purn) Soegiono dan B. J. Habibie.

Memang, keakraban Presiden Ketiga itu dengan Soeharto dalam urusan moge tak diragukan. Mereka bahkan sempat boncengan. “Saya bonceng Pak Harto. Itu Pak Harto tidak mau dibonceng siapa pun karena beliau tidak percaya. Itu sebenarnya menggarisbawahi kalau Pak Harto itu yakin (pada saya). (Dibonceng) Yang lain nggak mau dia. Karena ini interpretasi kepercayaan,” sebagaimana disampaikan oleh Detiknews (24 Juli 2016).

Saat masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, dia memang sering melakukan kunjungan ke beberapa kawasan industri di Jakarta menggunakan moge-nya. Dia punya dua moge Harley Davidson.

habibiemogeyes

Pertama, Harley Davidson Softail Springer (1994) dan kedua Harley Davidson Badboy (1996). Keduanya sama-sama dilengkapi mesin V-Twin dengan 1.338 cc. Cuman, torsi maksimum Softail Spinger lebih kecil daripada Badboy yang dapat mengeluarkan 57 tenaga kuda pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 97 Nm pada 2.350 rpm. Adapun Softail Spinger, 48 tanaga kuda pada 4.900 rpm dan torsi maksimumnya 86.3 Nm pada 2.400 Nm.

Hobinya terhadap moge berawal dari kisah pahit dia setelah operasi jantung. Berdasarkan saran dokter, dia disuruh mengendarai moge sebagai salah satu terapinya. Karena getaran moge dapat membantu memulihkan bekas luka jahitan pada tubuhnya. Dari situ, dia langsung memboyong dua unit Harley.

Hampir sama dengan Soeharto. Suami Ibu Tien itu juga suka naik moge awalnya karena persolan kesehatan. Sebagaimana dilaporakan oleh Liputan6 (27 Januari 2008), Letnan Jenderal TNI Purnawiraman Suyono, ajudan Presiden Soeharto selama kurang lebih tiga tahun sejak 1985 hingga 1989 pernah menceritakan kesenangan Seoharto kepada moge.

mogesuharto

Menurut dia, awalnya Pak Harto suka moge karena banyak orang mengisukan kesehatannya kurang baik. Karena tak ingin dikatakan tak sehat, dia meminta Suyono untuk mengajarkannya mengendarai moge. Dengan naik motor itu, dia akan terkesan gagah. Dari itu, Soeharto ‘pun punya moge dan menjadi “rider”.

Berbeda dengan SBY. Walaupun dia sempat terekam kamera sedang menunggangi Harley Davidson Road Glide Ultra, rupanya moge itu bukan miliknya. Motor berkapasitas 1.746 cc itu milik salah satu anggota komunitas yang lagi berkunjung ke kediamannya di Cikeas.

mogesby




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs