Mitos-Mitos Pulau Seribu
Tempat , TERBARU 19:10
0
Shares

Di sebelah utara Jakarta, terdapat gugusan pulau-pulau kecil nan indah. Itulah yang sering disebut sebagai Pulau Seribu. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia. Selain panorama alamnya yang indah, pulau ini juga memiliki cerita mitos yang justru membuat para wisatan tak sabar untuk ke sana.

Jembatan Cinta
Jembatan ini berada di Pulau Tidung. Ia menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Sebagai obyek wisata, jembatan ini tentu sangat tepat dijadikan sebagai latar selfi atau pemotretan pra-wedding. Ketika berdiri di atasnya, para turis bisa menyaksikan luas biru laut dan hijaunya gugusan pulau-pulau. Kalau pagi, mereka dapat melihat langsung bagaimana matahari terbit dari peraduannya. Sementara bila petang, mereka bisa menyaksikan warna mega senja di ufuk barat.

Namun ternyata, di balik keistimewaannya, jembatan ini punya cerita mitos. Pertama, meloncat dari jembatan itu dapat membersihkan pikiran negatif di otak. Tak sedikit pengunjung yang melakukannya. Apakah memang karena percaya atau sekadar coba-coba? Entah. Tapi yang jelas penduduk setempat kebanyakan meyakini. Kedua, menyebrangi jembatan itu bersama pasangan dapat membuat hubungan mereka semakin langgeng. Terlepas dari itu, banyak wisatawan melakukannya. Mereka sering membawa pasangannya berjalan di atas Jembatan Cinta itu.

Lokasi Angker
Selain mitos cinta, Pulau Tidung juga punya mitos angker. Tepatnya di ujung Pulau Tidung Kecil. Cerita yang menyebar tentang keangkeran di loksi itu adalah adanya hantu. Mereka kadang menampakkan diri dan kadang membuat para pengunjung tersesat. Tempat ini tentu sangat cocok buat para pengunjung yang suka horor.

Sejarah keberadaan mitos ini tak terlacak, kapan dan siapa yang menyebarkannya. Tapi meski demikian, banyak pengunjung yang sudah menyaksikannya. Mereka ada yang melihat dua sosok makhluk gaib di ujung pulau. Dua sosok itu, satunya tampak seperti laki-laki dan yang lainnya seperti perempuan. Bahkan juga ada yang melihat makhluk besar hitam. Kelihatannya makhluk itu sangat menyeramkan.

Legenda Pasir Putih
Pasir Putih adalah salah satu nama pantai yang berada di Pulau Pari, sebuah pulau yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan seribu. Karena adanya pantai ini, dari saking indahnya Pulau Pari sempat dijuluki sebagai “Balinya Jakarta”. Tapi di samping panorama alamnya yang menakjubkan, Pantai Pasir Putih punya legenda.

Legenda itu mengandung cerita horor. Dulu, ada seorang seorang gadis kecil dari dari Pulau Pari hilang. Dia dibawa oleh burung gagak hitam besar. Rupanya sangat menyeramkan. Warga setempat tak percaya itu gagak biasa. Mereka meyakini, itu adalah hantu “Wewe Gombel/Kalong Wewe”. Hantu ini membawa gadis itu ke Pantai Pasir putih namu ketika dicari sampai ke pelosok-pelosok tak ditemukan. Dari situlah, cerita tersebut terus disampaikan kepada para pengunjung.

Pohon Tua Sakti
Pohon semacam ini berada di Pulau Bidadari, sebuah pulau masih bagian dari gugusan Kepulauan Seribu. Jumlahnya tak hanya satu tapi ada dua. Dua pohon ini diyakini memiliki “kesaktian” tertentu. Para pengunjung banyak yang penasaran dan bahkan ada yang meyakininya.

Pertama, pohon rezeki. Pohon ini diyakini sebagai pohon yang dapat menjadi perantara datangnya rezeki tanpa terduga. Kabarnya, siapa yang berfoto sambil menyentuh pohon tersebut, rezeki yang tak di duga-duga akan menghampirinya. Rezeki yang dimaksud itu bisa berupa apa saja, seperti uang, jodoh, kesehatan, panjang umur, dll. Kedua, pohon jodoh. Sama dengan pohon yang pertama, siapa yang menyentuhnya sambil berfoto akan mendapatkan jodoh. Unik memang. Namanya juga mitos (travelwisataindonesia.com).




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id