Lagi Asyik Pacaran, Bung Karno Kepergok Sang Ayah
TERBARU , Tokoh 23:38
0
Shares

SejarahRI.com – Ketika masih muda, Bung Karno dikenal pintar dan tampan. Banyak gadis-gadis Belanda tertarik padanya. Bahkan, tak sedikit di antara mereka yang bersedia menjadi pacarnya.

Dia memacari gadis-gadis Belanda supaya dianggap setara dengan bangsa Eropa. Karena, kebijakan pemerintah Hindia-Belanda memang menganggap bangsa Indonesia sebagai bangsa rendah dengan menyebutnya sebagai inlander.

Bung Karno tak ingin itu. Kategorisasi kelas semacam itu, bagi Bung Karno merupakan penghinaan besar terhadap bangsanya. Di usia sedini itu, dia sudah merasakan ketidakadilan tersebut.

Untuk melawan stereotip yang sengaja diciptakan itu, walaupun masih sangat muda Bung Karno melakukan langkah-langkah penting. Salah satu cara yang dia tempuh kala itu adalah dengan memacari gadis-gadis Belanda.

Padahal, “Bagi kebanyakan masyarakat waktu itu, berpacaran dengan warga penjajah merupakan sesuatu yang terlarang, karena hal itu dipandang sebagai sebentuk ‘pengkhianatan’ terhadap masyarakat terjajah,” tulis  F.X. Baskara Tulus Wardaya. Tapi persepsi itu tak dibeli oleh Bung Karno.

Karena dia memang “anak muda yang ‘bandel’ dan dan cenderung bersikap pemberontak,” imbuh Wardaya, Bung Karno menggugat!: dari Marhaen, CIA, Pembantaian Massal ’65 hingga G30S (2006). Jangankan mengikuti persepsi umum, Bung Karno malah berpendapat sebaliknya.

Hemat dia, kalau berhasil memacari gadis Belanda berarti kelasnya akan setara. Dan, upaya unik ini benar-benar dilakukan oleh Bung Karno. “…pada usia empat belas Sukarno sudah berani berpacaran dengan Rika Meelhuysen,” ungkap Wardaya.

Ternyata, perempuan itu adalah “Gadis Belanda yang pertama kali dipacarinya,tambah Ibu Wardoyo (kakak Soekarno) dalam Bung Karno Masa Muda (1978). Dan, Rika pula ‘lah perempuan “yang pertama kali dicium oleh Soekarno,” kenang kakak perempuan Bung Karno itu.

Awalnya, Soekarno memang berniat hanya untuk mengangkat kelasnya. Namun, lama kelamaan, cinta monyetnya kepada Rika membuat niat awalnya bergeser. Setelah lama berhubungan dengan Rika, Bung Karno semakin jatuh cinta dan terlena.

Dari saking cintanya, ketika keluar rumah, dia sering memutar jalan hanya supaya bisa melewati rumah Rika. Dia juga sering membawakan buku-buku noni Belanda itu.

Ketika berpacaran dengan Rika, Bung Karno punya kisah menarik dan lucu. Salah satunya adalah ketika mereka jalan-jalan menggunakan satu sepeda.

Suatu waktu di sore hari, Soekarno bersama pacarnya itu berjalan-jalan. Mereka naik sepeda. Soekarno yang di depan menggowes pedal dan Rika bonceng di belakang. Romantis sekali, mereka menyusuni jalanan berdua.

Namun ketika sampai di persipangan jalan, dia tak sengaja menabrak pengendara lain. Bung Karno kaget, karena yang dia tabrak adalah Rade Sukemi Sosrodiharjo, yang tak lain adalah ayahnya sendiri.

Dia ketakutan, karena ayahnya sangat membenci orang Belanda. Kalau ayahnya marah, dia akan kena hukuman cambuk pakai rotan.

Namun ternyata, Rade Sukemi tak marah. Dia hanya mengangguk-ngangguk santai. Malah ketika sampai di rumah, Bung Karno dipersilakan untuk bergaul dengan gadis Belanda supaya bahasa Belandanya semakin bagus.

Nak, kau jangan kuatir aku akan marah karena kau bergaul dengan gadis Belanda itu. Hal itu baik sekali. Itulah jalan terbaik agar Bahasa Belanda mu menjadi lebih baik lagi,” kata ayah Bung Besar yang kelak menjadi Presiden pertama RI itu.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs