Koktail Ide Bung Karno
TERBARU , Tokoh 08:18
0
Shares

SejarahRI.com – Kisah tentang Bung Karno memang kompleks. Bahkan banyak keunikan-keunikan yang belum terungkap. Salah satunya adalah kisah tentang dia dan bir buatannya. Siapa sangka, meski sebagai presiden ternyata dia punya ide menarik terkait dunia minuman.

Kisah ini disampaikan oleh Kiki Moca, seorang mixologis Indonesia saat mengisi acara Tonight Show di NETTv. Pada kesempatan ini dia menceritakan kisah tersebut sambil demonstrasi meracik minuman yang sedang diceritakan kepada penonton.

Saat ini saya akan buat satu koktail hasil sebenarnya idenya dari Presiden Soekarno,” kata dia. Sambil memegang botol minuman, dia bercerita bahwa Bung Karno mengeluarkan ide tersebut saat pembukaan Hotel Indonesia.

Jadi kejadian itu bisa dipastikan berlangsung pada tanggal 5 Agustus 1962. Karena peresmian hotel tersebut memang dilaksanakan pada hari itu.

Dalam peresmian tersebut banyak tamu dari luar negeri turut hadir. Maklum karena hotel ini merupakan hotel bintang 5 pertama yang ada di Jakarta.

Hotel ini dibangun dalam rangka menyambut Asian Games IV di tahun itu. Arsiteknya ‘pun tak tanggung-tanggung berasal dari Amerika Serikat, yakni Abel Sorensen dan istrinya.

Hotel yang punya slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together dibangun di atas lahan seluas 25.082 meter persegi. Bangunan ini merupakan salah satu prestasi Bung Karno yang sangat luar biasa.

Dari itu, tak heran bila pada hari peresmiannya, banyak tamu berdatangan bahkan dari luar negeri. Untuk menyambut mereka yang dari luar, Bung Karno ingin menyediakan jamuan istimewa dan khusus.

Dia memilih minuman sebagai hidangan khususnya. Untuk mendapatkan minuman yang menarik, sebelum acara dimulai, Bung Karno mendatangi bar di hotel tersebut.

Kedatangan Bung Karno ke tempat tersebut adalah untuk berdiskusi dengan bartender yang sedang bertugas terkait minuman yang diharapkan. Seorang bartender yang bekerja saat itu adalah Pak Mami.

Kepada mixologis yang usianya sekarang sudah lanjut itu, Bung Karno bilang, “bisa enggak kamu kreasikan suatu minuman yang cocok untuk tamu-tamu saya yang dari luar. Tapi sesuai dengan ciri khas Indonesia.”

Kebetulan, bartender yang disuruh oleh Bung Karno itu adalah orang Betawi. Jadi, untuk mengkreasikan minuman yang dipesan itu, dia mengambil ide dasar dari Pletok Betawi.

Namun Pletok Betawi yang asalnya hanya minuman jahe biasa, di tangan Pak Mami menjadi koktail yang dapat dinikmati oleh lidah-lidah tamu Bung Karno yang dari luar negeri. Lantaran ide Bung Karno, Pletok Betawi bisa menjadi minuma bir berselera internasional namun tetap khas Indonesia.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs