Kisah Tarian Gusti Nurul di Eropa
TERBARU , Tokoh 21:40
0
Shares

SejarahRI.com – Pada 6 Januari 1937, sebuah pesta pernikahan berlangsung di Istana Noordeinde. Tamu yang hadir adalah para petinggi dari berbagai negeri, termasuk Jawa yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan Hindia-Belanda. Karena kedua mempelai itu bukan sembarang orang. Mereka adalah “ningrat Eropa”. Juliana yang sedang menikah dengan Pangeran Bernhard itu adalah putri Ratu Wilhelmina, penguasa Belanda.

Di tengah rangkaian prosesi, seorang perempuan Jawa memasuki panggung. Dia adalah “kembang Jawa” abad ke-20, satu-satunya perempuan yang pernah menolak lamaran Bung Karno. Di adalah idola di zamannya. “Bahkan surat kabar Mata Hati dari Semarang memuat iklan yang menawarkan foto-foto Gusti Nurul pada edisi 1 Maret 1941,” tulis Anita Chairul Tanjung dalam Pesona Solo (2013). Bukan hanya parasnya yang cantik dan kepribadiannya yang anggun sehingga memikat banyak pria. Dia ternyata juga lihai menari.

Di atas panggung bergengsi itu, dia menampilkan satu hiburan, Tarian Sari Manunggal. Nama asli perempuan itu adalah Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Koesoemo Wardhani dan biasa dipanggil Goesti Noeroel (atau, Gusti Nurul dalam ejaan Indonesia terkini). Dia bisa tampil di pentas kehormatan itu karena diajak oleh ayahnya, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII.

Mangkunegoro VII adalah elit Jawa yang dekat dengan Belanda. “Mangkunegoro VII mendapat undangan pernikahan Putri Juliana dan Pangeran Bernhard dari Ratu Wilhelmina,” tulis Anita. Dia mengajak Nurul supaya dapat menunjukkan tarian Jawa di Eropa, terutama di depan para petinggi Belanda. Selain itu, dia ingin jadikan tarian tersebut juga sebagai kado buat pernikahan kedua mempelai itu.

Untuk memenuhi undangan ke Belanda, rombongan Mangkunegara VII berangkat pada Agustus 1936. Mereka menggunakan kapal Marnix. Selama di perjalan, di atas kapal itu, Gusti Nurul selalu berlatih. Dia mengasah kemampuan tariannya supaya tak mengecewakan nanti.

Pada 1 Desember 1936, mereka tiba di Den Haaq. Setelah sampai di tempat tujuan, Mangkunegara VII meminta kepada penitia supaya putrinya dapat tampil. Awalnya ditolak karena sususan acara padat dan rumitnya persiapan. Namun lantaran Mangkunegara VII dapat meyakinkan, panitia ‘pun akhirnya setuju.

Penampilan Gusti Nurul disaksikan oleh para petinggi negara Belanda, raja dan ratu dari berbagai negara, serta kedua mempelai. Dia lenggak lenggok di atas panggung sembari diiringi lantunan gamelan Kiai Kanyut Mesem. Alat musik itu tak dibawa ke Belanda, tentunya. Tapi bunyinya disiarkan melalui stasiun radio Solosche Radio Vereeniging (SRV) ke Negeri Belanda.

Musik tersebut sempat terganggu karena kualitas gelombang yang buruk. Mendapati kejadian itu, GKR Timur memandu Gusti Nurul menari dengan aba-aba. Karena kebetulan duduknya dekat pentas. Akhirnya, Gusti Nurul ‘pun berhasil menampilkan kesenian Jawa di depan pemuka Eropa.

Tariannya itu rupanya memikat perhatian Ratu Wilhelmina. Bahkan ketika Gusti Nurul selesai menari, ratu tersebut menghampiri Mangkunegara VII dan GKR Timur. Dia bilang, “Saya belum pernah melihat tarian begitu indah,” seperti yang dituturkan oleh Gusti Nurul dalam Gusti Noeroel Mengejar Kebahagiaan (2014).

Bahkan, setelah acara selesai berita tentang penampilan Gusti Nurul menjadi perhatian lensa media saat itu. Banyak koran di Belanda memberitakannya. Salah satunya, sebagaimana yang diingat Gusti Nurul sendiri adalah Nieuwe Roterdamsche Courant. Sejak itu, banyak bangsa Eropa tertarik untuk mempelajari tarian Jawa.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs