Kisah Soekarno Kencingi Hatta
TERBARU , Tokoh 23:56
0
Shares

SejarahRI.com – 8 Agustus 1945, Bung Karno dan Bung Hatta dipanggil Jenderal Terauchi (pimpinan tertinggi tentara Jepang di Asia Tenggara) untuk datang ke Vietnam. Tak diberitahukan, apa kepentingannya.

Namun yang jelas, saat itu Jepang sedang dalam masa sekarat lantaran dua kota pentingnya, Hiroshima dan Nagasaki luluh lantah oleh bom atom Amerika Serikat. Sementara Indonesia sebagai wilayah jajahannya sedang berada di ambang kemerdekaan. Tentu sebagai elite politik, Bung Karno dan Hatta penting di mata Terauchi.

Mereka berangkat memenuhi panggilan itu bersama 20 pejabat tinggi militer Jepang. Kisah ini diceritakan dalam buku Bung Karno, Penjambung Lidah Rakjat Indonesia (1986) yang ditulis oleh Cindy Adams. Sesampainya di Jepang, ternyata Terauchi hendak mengeluarkan sikap di depan mereka bahwa Jepang tak akan menghalang-halangi rencana kemerdekaan Indonesia.

Kabar baik itu tentu mengembirakan mereka. Bung Karno dan Hatta membawa berita ini ke Indonesia. Mereka pulang menggunakan pesawat yang sangat jelek, yakni pesawat perang rongsokan. Di kabinnya, terlihat banyak bekas tembakan dan tak ada tempat duduk. Mereka terpaksa duduk di lantai sembari berbaring. Meski kondisinya demikian, mereka tak protes dan menerima apa adanya.

Namun di tengah perjalanan, terjadi satu “insiden” menyedihkan sekaligus lucu. Bung Karno berbisik kepada Soeharto, dokter pribadinya yang juga ikut sebagai rombongan. Bung Besar itu bilang, “Aku ingin kencing. Apa yang harus ‘ku lakukan?

Dokter itu tentu bingung. Karena di dalam pesawat tak ada kama kecil. Terpaksa dia menunjukkan kepada Bung Karno supaya membuang “hajat kecil”nya ke bagian ekor pesawat yang banyak lubang bekas peluru. “Tidak ada tempatnya, jadi tidak ada jalan lain. Bung harus kencing di sana,” tutur Soeharto.

Baiklah. Aku melangkah pelan-pelan ke bagian belakang pesawat dan melampiaskan hajatku. Dan baru aku mulai, tiupan angin yang keras menghempas melalui lubang-lubang bekas peluru dan menyemburkan air itu ke seluruh ruangan pesawat. Kawan-kawanku yang malang itu mandi dengan air istimewa,” terang Bung Karno.

Ketika pesawat landing di Jakarta, didapati para pemimpin bangsa yang ikut rombongan termasuk Hatta bajunya setengah basah. Ternyata, mereka terkena air kencing Bung Karno yang nyepret kemana-mana lantaran tekanan udara. Tak ada keterangan, bagaimana respon Bung Hatta atas peristiwa itu. Namun yang jelas, kisah ini merupakan pelajaran betapa rumit pendiri bangsa ini untuk meraih kemerdekaan.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs