Kisah Muhammad Ali Memuji & Mendoakan Indonesia
TERBARU , Tokoh 18:18
0
Shares

Muhammad Ali punya kenangan tersendiri dengan Indonesia. Ia pernah berkunjung ke negeri ini dua kali, pada tahun 1973 dan 1996. Karenanya, ketika kabar wafatnya tersiar pada Jumat (3/6/2016) malam waktu setempat, kita ‘pun berduka.

Melalui kerja promotor Raden Sumantri, di Indonesia saat itu digelar satu pertunjukkan terbesar dalam olahraga tinju dengan mempertontonkan pertarungan Ali melawan petinju asal Belanda, Rudi Lubbers. Awalnya masyarakat Indonesia mengira bisa pertandingan Ali versus Lubbers di Stadion Gelora Bung Karno pada 20 Oktober 1973 merupakan duel eksibisi. Namun, nyatanya ini adalah pertandingan resmi, walau tidak memperebutkan gelar.

Dalam pertarungan itu, Ali menyiksa lawannya Lubbers selama 12 ronde dalam pertandingan kelas berat tanpa gelar di Istora Senayan, Jakarta. Padahal, Ali saat itu tak berada dalam kondisi terbaiknya, lantaran persiapannya hanya sepuluh hari.

Namun, Ali tetaplah Ali. Ia perkasa, dan lihai menyuguhkan tontonan yang menarik kepada penikmat tinju.

Seperti diberitakan Sindo, kesan pertama Ali dalam kunjungannya ke Indonesia itu, ia berkata: “Sebuah negara yang unik, di mana penduduknya sangat bersahabat, dan selalu tersenyum kepada siapapun.”

Setelah memutuskan pensiun dari dunia tinju pada 1981, Ali kembali berkunjung ke Indonesia pada 23 Oktober 1996. Ia memiliki ketertarikan tersendiri pada Indonesia. Bahkan, melalui surat elektronik yang dimuat dalam Majalah Tempo pada 30 Januari 2012, Ali menulis bahwa “meski hampir 40 tahun berselang sejak saya dan Rudi Lubbers bertarung di Jakarta, saya sering memikirkan dan mendoakan semua saudara saya di Indonesia.”

Setelah pensiun, Ali aktif dalam upaya kemanusiaan dan perdamaian. Dan, di antara semua mimpi akan perdamaian dunianya, Indonesia terselip di sudut memori Ali. Ia terus mengikuti perkembangan Indonesia. “Beberapa tahun ini, Anda semua menderita akibat bencana alam yang sedemikian kuatnya, sehingga perhatian dunia terfokus ke negeri yang indah itu,” ujarnya. “Namun Anda semua menunjukkan semangat dan cinta yang lebih besar dari bencana itu,” kata Ali. “Hal itu membuat saya tenang, sembari terus mendoakan keselamatan Anda semua. Assalamualaikum,” tutup Ali. 




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs