Inilah 3 Tujuan Serangan Umum 1 Maret
Peristiwa , TERBARU 17:27
0
Shares

Serangan Umum 1 Maret 1949 menjadi salah satu pertempuran akbar. Lalu, apa sebenarnya tujuan serangan itu?

Pertama, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI masih utuh, masih merupakan satuan tertib, teratur dan disiplin, serta mampu mengadakan perlawanan secara terkoordinasi dan terkonsentrasi. Di samping itu, juga untuk membuktikan bahwa keberadaan Belanda di Yogyakarta adalah tidak sah, dan tidak berpengaruh terhadap tekad dan kesetiaan TNI, artinya TNI masih tetap utuh. Sebaliknya, kekuatan dan pengaruh TNI secara de jure dan de facto amat besar.

Kedua, tujuan politiknya ialah untuk mendukung perjuangan perwakilan RI di Dewan Keamanan PBB yang dipimpin oleh Lambertus Nico Palar, melawan kampanye Belanda yang menyatakan bahwa aksi polisionilnya di Indonesia telah berhasil, karena TNI sudah dihancurkan, dan Yogyakarta sudah kembali normal.

Dan ketiga, tujuan psikologinya untuk mengobarkan semangat juang rakyat dan TNI. Serangan itu dimaksudkan untuk memulihkan, memupuk, dan meningatkan kepercayaan rakyat terhadap TNI, karena TNI masih tetap setia pada tugasnya dan dengan gigih terus berjuang menghalau musuh. Serangan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pejuang di seluruh Tanah Air untuk meningkatkan perlawanan.

Serangan Umum 1 Maret merupakan pertempuran yang hebat yang membuktikan ketangguhan bangsa Indonesia yang sudah merdeka. Seorang penulis Belanda, Pierre Heijboer mencatat dalam bukunya, “toen de Indonesiers op één maat echt hun aanval lanceerden was dat inderdaad voor Van Langens troepen een complete verassing (De politionale Acties, De Strijd om Indie 1945-1949, 1979). Artinya, “Ketika bangsa Indonesia benar-benar melancarkan serangannya pada tanggal 1 Maret, bagi pasukan Van Langen serangan itu sungguh mengejutkan.” (Sumber: R. Ridhani, Bunga Pertempuran Serangan Umum 1 Maret 1949, 2010).




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs