Haul Bung Hatta: Mengenangnya Lewat Secangkir Kopi
TERBARU , Tokoh 16:47
0
Shares

14 Maret 1980, pahlawan itu gugur. Satu tahun kemudian, Iwan Fals mengenangnya lewat sebuah lagu, “Bung Hatta” yang dimuat dalam album, “Sarjana Muda” (1981).

“…Terbayang baktimu, terbayang jasamu. Terbayang jelas jiwa sederhanamu. Bernisan bangga, berkapal doa, dari kami yang merindukan orang sepertimu,” demikian dia menggambarkan sosok pahlawan yang baru meninggal itu. Bung Hatta, nama yang selalu disebut-sebut pada tiap lembar sejarah.

Tapi kebanyakan orang terlalu fokus pada sosoknya sebagai negarawan. Mereka lupa atau bahkan tidak tahu kalau Bung Hatta adalah pecandu kopi. Ya, pecandu kopi.

Pada suatu hari di bulan Maret 1927, Haji Agus Salim tiba di Den Haaq setelah mengisi acara di Volkenbond, Genéve. Keesokan harinya dia langsung menuju rumah Bung Hatta. Setiba di sana, ia disuguhi kopi.

Apa Engkau minum kopi yang ‘dikebiri’?” tanya Agus Salim. Rupanya dia kaget. Karena setahu dia, Bung Hatta bukan pecandu kopi Haq.

Mendapat pertanyaan semacam itu, Bung Hatta ‘pun menjawab. Dia bercerita kenapa belakangan lebih suka meminum kopi Haq daripada jenis kopi lain.

Dia bilang kepada Agus Salim kalau pernah “keracunan” kopi. Peristiwa itu terjadi pada saat mengikuti Kongres Liga yang bertemakan “Menentang Imperialisme dan Penindasan Kolonial” di Brussel yang berlangsung lima hari, dari tanggal 10 sampai 15 Februari 1927.

Dia keracunan bukan karena kopinya dicampur “sianida”. Tapi karena dia berlebihan meminumnya. Bayangkan saja, dalam sehari dia meminum kopi sampai delapan cangkir tanpa asupan makan siang. Bagaimana tidak kembung?

Karena tidak makan tengah hari, selama sidang dan rapat di Brussel aku minum kopi sehari sampai tujuh atau delapan cangkir,” tulis dia sendiri dalam Memoir (1979).

Lantaran ulahnya sendiri, selepas sidang dia sakit. Dari sejak itu, dia berusaha berhenti munim kopi. Tapi tak bisa. Dia sudah kadung kecanduan. Akhirnya, dia pilih kopi Haq yang lebih ringan sebagai alternatif.

Kenapa dia sangat suka minum kopi? Jawaban pastinya tentu dia yang lebih tahu. Terlepas dari itu nampaknya, kopi bagi dia adalah “teman sejati”. Tentu bukan untuk melamun, apalagi mengkhayal. Tapi untuk menyelesaikan tugas-tugas beratnya.

Setiap hari jadwal aktivitasnya sangat padat. Dia harus terlibat percaturan politik internasional. Karena di pundaknya bangsa Indonesia menitipkan masa depan kemerdekaannya. Selain itu, dia juga harus menyelesaikan studi doktoralnya di Handels Hogeschool Rotterdam.

Di samping lelahnya mengikuti satu rapat ke rapat lain, dia juga harus membaca banyak buku. Dia seperti orang yang sama sekali tak mempunyai kesempatan bersantai. Selain harus bertemu para elit politik dari berbagai negara, dia juga wajib mendatangi para dosen. Karena di samping sebagai politikus, dia juga seorang intelektual.

Di tengah kesibukannya yang super itu, kopi seperti “bahan bakar” yang dapat membangkitkan kembali semangatnya. Meski pernah “keracunan”, dia tetap rutin ngopi 2 kali sehari, pagi dan siang. Tapi kini yang diminumnya adalah kopi Haq sampai akhir tahun 1929.

Setelah mendengar penjelasan Bung Hatta, Haji Agus Salim mengajaknya pergi ke sebuah restoran di Bezuidenhoutse Weg. “Kalau begitu, baik kita pergi ke restoran di Bezuidenhoutse Weg, minum kopi di sana.” Dua orang yang kelak menjadi tokoh bangsa itu berbincang-bincang sambil meminum kopi Haq.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs