Afghanistan, Riwayat Persahabatanmu dengan Kami: Dari Bung Karno Sampai Jokowi
Sejarahnya Dunia 20:35
0
Shares

Kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan mendapat sambutan hangat dari Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani di tengah hujan salju saat Jokowi tiba. Salah satunya lantaran keberanian yang ditampakkan oleh Jokowi dengan tetap datang ke Afghanistan meskipun jelang keberangkatannya terjadi teror bom bunuh diri dan kontak tembak di dekat Akademi Militer Ibu Kota Kabul.

Keberpihakan dan keberanian Jokowi pada upaya perdamaian dunia, termasuk di Afghanistan, juga begitu memukai Presiden Afghanistan sehingga ia memutuskan untuk memberikan Penghargaan Medal Tertinggi untuk Jokowi.

Sebagaimana diungkapkan sendiri oleh Jokowi, kunjungan itu bersejarah lantaran kunjungan itu baru untuk kedua kalinya Presiden RI berkunjung ke Afghanistan, setelah dulunya Presiden Sukarno pada 18 Mei 1961 di mana saat itu Afghanistan bahkan masih berbentuk kerajaan yang dipimpin dipimpin Raja Mohammad Zahir Shah yang berkuasa sejak 1933 hingga 1973.

Saat itu, Sukarno berkunjung ke Afghanistan melalui Bandara Kabul dengan menumpang Pesawat Pan American. Persis seperti Jokowi, Sukarno juga disambut langsung oleh Sang Raja dengan hangat. Bahkan, pemerintah Afghanistan saat itu juga menggelar upacara secara militer untuk menyambut Sukarno.

Nama besar Sukarno dalam kancah politik global sempat disinggung dalam sambutan Raja Zahir saat itu, di mana ia katakan bahwa Sukarno bukan tamu asing bagi Afghanistan lantaran rakyatnya begitu mengenal kebesaran sosok Putra Sang Fajar sebagai Bapak Bangsa dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya tampak dari karangan bunga sambutan bagi Bung Karno yang datang dari tiga bocah Afghanistan, serta puluhan ribu warga dan pelajar di Kota Kabul yang menyambut dan mengelu-elukan kedatangan Bung Karno. Mereka melambaikan tangan dan mengibarkan bendera merah putih kecil dari pinggiran jalan sepanjang bandara menuju Istana Darul Aman. Sukarno yang menumpang sedan dengan kap terbuka ‘pun terus melempar senyum dan melambaikan tangan pada mereka. Di sore harinya, Bung Karno ditemani Wali Kota Kabul juga menemui mereka di Alun-alun Kota Kabul. Di situ, seorang gadis mengalungkan sehelai syal dan memberikan medali pandu kehormatan kepada Bung Karno.

Indonesia dan Afghanistan sendiri memang memiliki hubungan sejarah yang begitu dekat. Afghanistan merupakan salah satu negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, meskipun secara resmi baru membuka kantor kedutaan di Jakarta pada 1954. Di samping juga Afghanistan merupakan salah satu negara yang berperan aktif dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

Dalam sambutannya, Sukarno menyatakan bahwa situasi politik global saat itu masih harus terus diperjuangan oleh negara-negara di Asia dan Afrika. Karena itu, di antara mereka perlu bersatu dan saling bekerja sama secara erat guna menghadapi Perang Dingin antar dua blok kala itu.

Di Afghanistan, Bung Karno menyempatkan diri berziarah ke makam raja-raja Afghanistan dan menyaksikan atraksi pesawat militer.

Seperti warganya, Raja Zahir benar-benar sangat mengagumi Bung Karno. Karenanya ia berupaya menyenangkan tamu kehormatannya itu dengan menggelar pula jamuan ringan di sebuah taman dengan iringan musik tradisional dan lantunan lagu-lagu rakyat Afghanistan. Sebagai orang Indonesia yang dikenal ramah, Bung Karno juga membalas jamuan itu dengan menjamu balik Sang Raja dan Perdana Menteri Sardar Mohammad Daud Khan di sebuah hotel di Kabul.

Hingga kini, persahabatan dua negara ini terus berlanjut. Kini Indonesia akan berupaya untuk menyemai perdamaian di negeri itu.

 




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs