9 Organisasi Perempuan di Masa Hindia-Belanda
Serba-Serbi , TERBARU 12:36
0
Shares

Organisasi perempuan di Indonesia memiliki akar sejarah yang panjang. Organisasi-organisasi semacam itu sudah terbentuk dari dulu. Sejak awal abad ke-20, tatkala bumi pertiwi ini masih dijajah oleh pemerintahan Hindia-Belanda, ada 9 organisasi perempuan yang cukup tenar.

Poeteri Mardika
“Poeteri Mardika” ini merupakan organisasi keperempuanan yang diprakarsai oleh perkumpulan Boedi Oetomo. Organisasi ini didirikan pada 1912 di Jakarta. Dan, ia merupakan organisasi pertama yang berdiri di kota tersebut. Tujuannya adalah emansipasi perempuan dalam pendidikan dan karir.

Pawijatan Wanito
Adapun “Pawijatan Wanito” didirikan pada tahun 1915, tiga tahun setelah Poeteri Mardika berdiri. Organisasi Pawijatan Wanito ini dulu berkembang di Magelang, Jawa Tengah. Tujuan organisasi ini adalah pemberdayaan diri terhadap para perempuan.

PIKAT
PIKAT adalah singkatan dari “Percintaan Ibu Kepada Anak Temurun.” Organisasi ini didirikan pada tahun 1917. Kota tempat organisasi ini didirikan dan sempat berkembang adalah Manado. Tujuan organisasi ini adalah mendidik para ibu rumah tangga supaya dapat mendidik anak-anaknya sebagai generasi bangsa dengan secara lebih baik.

Purborini
Organisasi Purborini ini merupakan organisasi yang berada di abad ke-20 juga. Organisasi ini berdiri sejak tahun 1917. Tempat berkembangnya adalah Tegal. Tujuannya masih sama seperti organisasi lainnya yakni sama-sama memberdayakan pendidikan para perempuan.

Aisyiah
Adapun Aisyiah merupakan organisasi yang berada di bawah naungan organisasi Islam Muhammadiyah. Organisasi ini didirikan pada tahun 1917, di tahun yang sama dengan Purborini. Hanya saja organisasi ini didirikan di Yogyakarta. Tujuannya adalah memberdayakan perempuan-perempuan Islam yang terhimpun dalam organisasi Muhammadiyah.

Wanito Soesilo
Wanita Soesilo merupakan organisasi perempuan yang didirikan di Pemalang, Jawa Tengah. Tahun berdirinya adalah 1918. Organisasi ini bertujuan untuk membuat jaringan silaturrahmi antar para perempuan dalam cita-cita bersama memajukan pendidikan di kalangan mereka.

Wanito Hadi
Wanito Hadi sebagaimana namanya tujuannya adalah sebagai wadah bagi para perempuan supaya dapat mengembangkan kapasitas diri dan kemampuan yang dimilikinya. Organisasi ini didirikan pada tahun 1919. Kota tempat organisasi ini berdiri adalah Jepara.

Poetri Boedi Sedjati
Poetri Boedi Sedjati merupakan organisasi keperempuanan yang didirikan di Surabaya. Waktu itu Indonesia sedang berada di bawah jajahan Hindia-Belanda. Tujuan organisasi ini adalah supaya para perempuan bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan saling menjalin hubungan yang serat sebagai sesama pribumi. Organisasi ini sendiri didirikan pada tahun 1919.

Serikat Kaoem Iboe Soematera
Selain di Jawa, di Sumatera juga ada perkumpulan para perempuan. Mereka para perempuan itu menggabungkan diri ke dalam wadah organisasi yang kemudian diberinama Serikat Kaoem Iboe Soematera. Organisasi ini didirikan pada tahun 1920 di Bukittinggi. Tujuannya adalah sama seperti organisasi lain. Karena, memang di masa itu organisasi perempuan yang ada lebih fokus pada pendidikan dan tali persaudaraan sesama bangsa. (Sukanti Suryochondro, Potret Pergerakan Wanita di Indonesia,1984).




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs