6 Film Benyamin Paling Fenomenal
TERBARU , Tokoh 16:43
0
Shares

Salah satu yang membuat nama Benyamin Sueb begitu dikenal hingga kini adalah film-filmnya. Seniman asal Betawi itu tercatat pernah menghasilkan 53 judul film. Wow! Jika dihitung karirnya sejak umur 30 tahun di film (mengacu pada film pertamanya), di mana ia wafat pada umur 56 tahun, maka rata-rata 2 film per tahun dia hadirkan. Bahkan, di tahun 1973, Benyamin tercatat bermain dalam 10 judul film, hingga banyak yang mengkhawatirkan kesehatan fisiknya dan kualitas film yang dimainkannya.

Belum lagi karirnya sebagai peyanyi yang menghasilkan 75 album. Bukan lagu lho, album! Jadi, per tahun, dia rata-rata hasilkan 3 album. 2 film dan 3 album! Di era Orde Baru dengan segala keterbatasannya, dan teknologi yang tak secanggih saat ini. Betapa berdedikasinya dia bagi jagat seni Indonesia, khususnya memperkenalkan dan mengangkat seni Betawi.

Nah, terkait dengan filmnya, berikut ini 5 film Benyamin paling fenomenal.

Honey, Money, and Djakarta Fair: Film Pertama Bang Ben

“Honey, Money, and Djakarta Fair” dirilis pada tahun 1970. Sutradaranya adalah Misbach Jusa Biran. Dalam film ini, Benyamin berperan sebagai penyanyi yang ada di Jakarta Fair. Karena sebagai aktris baru, Benyamin dalam film ini tidak menjadi pemain inti. Tapi film ini menjadi awal karir dia selanjutnya. Karena di film inilah dia pertama kali menjadi seorang aktor. Karena itu film ini begitu berkesan, termasuk bagi Bang Ben sendiri tentunya.

Para aktor lain yang ikut bermain di film yang berdurasi 84 menit ini di antaranya Nani Wijaya, Ratno Timoer, Ismed M. Noor, Connie Suteja, dan lain-lain.

Intan Berduri: Diganjar Piala Citra

Dua tahun kemudian, 1972, Benyamin bermain kembali dalam film “Intan Berduri”. Film berdurasi cukup panjang ini, 104 menit, disutradarai oleh Turino Djunaidy. Dalam film ini, Benyamin mendapatkan tugas berperan sebagai Jamal. Melalui film itu, akhirnya Ben pada tahun 1973 dapat meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

Benyamin Biang Kerok: Diproduksi Ulang

Film “Benyamin Biang Kerok” merupakan film yang dirilis pada tahun 1972. Sutradaranya adalah Nawi Ismail. Dalam film yang berdurasi 90 menit ini, Benyamin berperan sebagai Pengki yang selalu mengerjai majikannya. Selain dia, masih banyak aktor lain yang turut terlibat. Di antaranya adalah Ida Royani, A. Hamid Arief, Ellya Khadam, dan lain-lain. Nonton film ini dapat dipastikan tak akan kuat menahan ketawa. Film ini begitu fenomenal sehingga kini diproduksi ulang oleh sutradara Hanung Bramantyo.

Jimat Berduri: Bayaran Termahal

Pada tahun 1973, Bang Ben kembali bermain film. Film kali ini yang dia perankan adalah “Jimat Berduri”. Sutradanya adalah Sjuman Djaja. Film ini berdurasi 92 menit. Para pemainnya selain Bang Ben adalah Lenny Marlina, Farouk Afero, Tuty S dan Gatot Teguh Arifianto. Bang Ben bermain film ini setelah namanya populer setelah mendapat Piala Citra. Popularitasnya itu membuat ia dalam film ini menjadi aktor dengan bayaran termahal, yakni Rp 3 juta di zaman itu.

Si Doel Anak Modern: Jaya di Dua Zaman

“Si Doel Anak Modern” ini adalah film yang disutradari oleh Sjuman Djaja. Film berdurasi 107 menit ini dirilis pada tahun 1976. Dalam film ini, Benyamin berperan sebagai Doel. Dia bermain bersama dengan Christine Hakim, Ahmad Albar, dan Farouk Afero. Melalui film ini Ben kembali mendapatkan Piala Citra FFI 1977 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

Begitu kuatnya film ini sehingga diproduksi ulang menjadi serial “Si Doel Anak Sekolahan” yang juga fenomenal di zamannya, di mana Bang Ben berperan sebagai “Babe”. Bahkan, saat ini Rano Karno juga sedang memproduksi ulang lagi serial itu menjadi film layar lebar.

Betty Bencong Slebor:

Film yang dirilis 1978 ini berkisah tentang Betty (diperankan Bang Ben) yang adalah seorang waria dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Film ini fenomenal lantaran di era itu sudah mengangkat tema waria dengan segala hiruk-pikuknya, dari razia sampai kesan negatif di mata sebagian besar orang.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs