5 Mobil Kesayangan Bung Karno
Serba-Serbi 21:48
0
Shares

Memang, banyak sisi-sisi lain yang ada pada diri Bung Karno. Selain sebagai seorang presiden, dia dikenal sebagai penyuka lukisan, musik, dan karya-karya seni lainnya. Setelah ditelusuri, ternyata dia juga penyuka dunia otomotif. Rupanya, dia juga suka mengoleksi mobil-mobil keren. Di antaranya, ada 6 mobil yang sangat dia sukai

Chrysler Imperial
Mobil ini merupakan produk teratas dari Chrysler Group LLC, sebuah perusahaan mobil yang didirikan pada 1925 oleh Walter P. Chrysler. Adapun Chrysler Imperial adalah merk termewahnya. Dan, Bung Karno sejak masih menjabat sebagai presiden pernah memilikinya.

Dia menjadikan mobil mewah bermesin 5,2 L dengan 130 tenaga kuda (HP), dan transmisi manual tiga speed itu sebagai kendaraan dinas dengan plat nomor B9150. Ketika Sukarno diserang granat di Cikini oleh orang tak dikenal, dia sedang menggunakan mobil ini.
ZIL 111 Limo.

Mobil ini merupakan jenis limousine yang diproduksi oleh sebuah perusahaan otomotif di Soviet, Zil. Ia merupakan jenis limo pertama yang diproduksi Soviet Union setelah Perang Dunia I. Mobil ini memiliki mesin 6,0 L dengan 2 speed otomatis. Speedometer-nya maksimum 170 km/jam.

Sebagai produk Eropa, mobil ini termasuk kendaraan mewah di tahun 60-an. Mobil ini sendiri dirilis pada tahun 1961. Sukarno di tahun itu pernah mengoleksinya sebagai kendaraan pribadinya. Sampai sekarang mobil itu masih bisa dilihat, tapi tak semulus dulu.

Cadillac 1948
Mobil Cadillac ini merupakan generasi ketiga dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan Cadillac. Jenis mesinnya adalah V8 berkapasitas 5,7 liter. Speed-nya tiga manual serta triptonic empat-percepatan. Ia dirilis pada tahun 1948.

Mobil ini hadir sebagai sedan dengan empat pintu. Mobil ini juga merupakan salah satu kendaraan yang sangat disukai oleh Sang Proklamator itu.

DeSoto
Mobil ini merupakan pemberian Djohan Djohor, seorang pengusaha yang kaya kepada negara. Selain Bung Karno, orang yang sering menggunakan mobil ini adalah Bung Hatta. Termasuk ketika Ibu Kota Indonesia waktu itu dipindah dari Jakarta ke Yogyakarta.

Mobil ini selalu menemani aktivitas mereka berdua. Makanya dari itu, Bung Karno sangat menyayangi mobi tersebut. Mobil ini diproduksi pada tahun 1929 hingga 1942 sebagai sebuah kendaraan yang terbilang mewah di masanya.

Buick-8
Mobil Buick-8 ini memiliki mesin bekapasitas 5,2 liter dengan tenaga 141 hp pada 3.600 rpm. Mobil ini mempunyai cerita sendiri. Buick-8 milik Bung Karno itu merupakan rampasan dari penjajah Jepang.

Mobil ini pada waktu itu diproduksi sebanyak 1.415 unit di seluruh dunia. Dan, lantaran mencuri dari pihak Jepang, Bung Karno akhirnya dapat memilikinya. Mobil ini terpelihara secara baik di Museum Gedung Joang 45, Jakarta.

Chrysler Windsor Limo
Mobil ini merupakan pabrikan Amerika Serikat. Dua kali jenis Chrysler diproduksi, yakni pada tahun 1939 hingga 1961, dan kemudian pada tahun 1961 hingga 1966. Mobil ini memiliki mesin yang cukup cepat di masa itu, yakni dengan tenaga 114 horsepower (HP) dengan transmisi manual 4 speed.

Mobil ini oleh Sukarno dijadikan sebagai kendaraan dinas yang mengantarkannya dalam bertugas. Selain Bung Karno, orang yang pernah menggunakan mobil ini adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs