5 Film Tentang Peristiwa ‘98
Serba-Serbi , TERBARU 19:41
0
Shares

SejarahRI.com – Peristiwa 1998 merupakan salah satu momen penting yang selalu dikenang oleh bangsa Indonesia. Karena pada saat itu, tragedi besar terjadi yang mengakibatkan lengsernya Orde Baru.

Untuk mengenangnya, beragam cara dilakukan. Ada yang merekam peristiwa itu melalui buku, artikel, dan lain-lain. Selain itu, ada juga film. Nah, sebagaimana juga pernah dirilis oleh Liputan6, ada 5 film terkait ini.

Student Movement in Indonesia (2002)

Ini adalah film dokumenter yang digarap oleh Tino Saroengallo, sineas handal itu. Dia film ini, dia mengabadikan peristiwa 1998. Awalnya, film ini sangat panjang. Durasinya mencapai 50 jam. Selain itu, judulnya juga bukan “Studen Movement in Indonesia”. Tapi, “The Army Forced Them to be Violence”.

Untuk bisa tayang di bioskop, film ini menunggu selama tiga tahun. Tak mudah memang. Karena selain mempertimbangkan pasar, juga harus direvisi sana-sini tanpa menghilangkan pesan pentingnya. Setelah selesai garapan itu, baru pada 2002 bisa tayang di layar lebar. “Inilah film dokumenter Indonesia pertama yang bisa disaksikan di bioskop komersil.”

9808, Antologi 10 Tahun Reformasi (2008)

Terkait film ini, Eric Sasono—pengamat film itu—menulis, “Beberapa cara pandang terasa amat sangat permukaan, bahkan sketsais… Beberapa karya mencoba mendekati Peristiwa Mei 1998 sebagai sesuatu yang pesonal dengan cara pandang yang jujur. Satu dua karya membicarakan satu aspek latar belakang dan akibat peristiwa ini sehingga membuka sebuah dimensi yang dalam tentang proses pembentukan bangsa ini… Masa depan juga dibahas oleh antologi ini untuk memberi semacam tutupan (closure) yang menegaskan sikap optimis antologi ini secara keseluruhan.”

Film yang mengangkat Peristiwa 1998 ini digarap dengan serius dan dirilis pada 2008. Pesannya juga jelas dan dapat dicerna dengan mudah. Di antaranya yang ikut berkontribusi adalah Edwin, Ifa Isfansyah, Lucky Kuswandi, dan Ucu Agustin. Mereka mengumpulkan film-film pendek mereka. “Apa yang mereka sodorkan tentu saja bukan versi resmi dari peristiwa 1998.

May (2008)

May adalah film yang juga menceritakan peristiwa 1998. Film ini dirilis pada tahun 2008. Sutradaranya adalah Viva Westi. Dia membuat film ini secara berani. Karena dia langsung menyoroti korban. Banyaknya korban perkosaan misalnya. Karena memang, bulan Mei di tahun itu adalah bulan penuh perkosaan sana-sini.

Namun, film ini tak hanya mengangkat soal itu. Dalam ceritanya, film ini juga menampilkan pasangan suami-istri yang mengambil untung dari kerusuhan yang terjadi di Mei 1998 itu. “May lebih unggul karena ia bercerita tentang kita, bukan tentang mereka,” tulis Liputan6. Dan, “Hingga sekarang, May adalah film terbaik yang mengangkat seputar tragedi Mei 1998.

Merry Riana (2014)

Saat Peristiwa 1998 meletus, banyak warga Tionghoa keturunan yang bernasib buruk. Karena mereka menjadi korban penjarahan dan para perempuannya diperkosa. Oleh karena itu, mereka ada yang pergi ke luar negeri.

Film yang dirilis pada tahun 2014 ini menceritakan soal itu, yakni tentang Merry Riana yang pergi menyelamatkan diri ke Singapura. Awalnya, dia sampai memutuskan untuk ke sana karena sempat jadi korban. Tasnya dirampas saat lewat di kerumunan massa. “Di sini filmnya kemudian jadi janggal. Kita melihat Merry sebatang kara, berdiri menatap gedung Marina Bay Sands. Padahal gedung itu berdiri 2010, bukan 1998.

Di Balik 98 (2015)

Film ini disutradari oleh Lukman Sardi. Dengan keahliannya yang matang, dia bisa menghadirkan kembali memori ’98 dengan nyaris sempurna. Dalam film ini, Sardi berbeda dengan Viva dalam May-nya. Kalau Viva mengangkat tentang rakyat jelata, Sardi lebih pada pemerintah dan mahasiswa.

Dia memasukkan tokoh-tokoh seperti Suharto, Habibie, Harmoko, Wiranto, hingga Susilo Bambang Yudhoyono dalam filmnya ini. Kisah romantis yang disajikan adalah kisah cinta sepasang mahasiswa yang harus berkonflik karena peristiwa itu. Peran tentara juga dimasukkan di dalamnya.




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs