3 Patung Buddha Raksasa di Indonesia
Tempat , TERBARU 16:04
0
Shares

SejarahRI.com – Sebelum Islam dan Kristen—sebagai dua agama besar—masuk ke Indonesia, Buddha sudah menyebar lebih awal. Agama yang berasal dari India ini sampai sekarang masih dianut oleh sebagian masyarakat.

Meski jumlah mereka tak sebanyak penganut dua agama di atas (Islam dan Kristen), keberadaannya tetap bertahan. Bahkan selain berhasil melestarikan keyakinan dan tradisi religiusitasnya masing-masing, mereka juga mampu membangun monumen-monumen penting.

Salah satunya adalah Patung Buddha. Dalam agama tersebut, patung semacam itu merupakan hal yang sangat penting. Di Indonesia, terdapat 5 Patung Buddha raksasa. Di mana saja?

Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Bogor

Di sebuah Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor terdapat sebuah vihara. Namanya, Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat.

Vihara ini dibangun pada 2005. Namun di dalamnya belum ada Patung Buddha Tidur. Patung tersebut baru didirikan pada tahun 2010.

Orang yang memprakarsai pembangunannya adalah Andy Suwanto Dhanujaya. Dia mendapatkan “wangsit” untuk membangun patung itu di Vihara tersebut.

Ukuran patung ini sangat besar. Panjangnya 18 meter dan tingginya, 3,75 meter. Buddha yang tidur digambarkan mengenakan pakaian emas dan di dadanya terdapat lambang Swastika.

Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Selain di Vihara Buddha Dharma 8 Phot Sat, Bogor juga ada Patung Buddha Tidur di Semarang. Tepatnya, patung ini terletak di Vihara Buddhagaya Watugong.

Patung ini didirikan pada awal berdirinya vihara tersebut. Yakni, pada tahun 1850-an. Patung ini sama seperti dengan patung yang berada di Bogor, yakni sama-sama digambarkan sedang dalam posisi tidur.

Namun, patung yang berada di Semarang ini dibangun di bawah dua pohon sala. Di bagian depannya ‘pun terdapat tempat buat para penganut Buddhisme untuk melaksanakan doa.

Selain sebagai tempat ibadah, patung ini sangat cocok buat destinasi religius bagi para penggemar wisata. Karena view-nya sangat tepat untuk didokumentasikan.

Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Patung Buddha Tidur yang berada di Mojokerto ini dianggap sebagai patung terbesar di Asia untuk kategori sejenis. Patun tersebut terletak di Maha Vihara Mojopahit di jalan Candi Brahu Gang I, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Sejarahnya, patung ini dibuat pada tahun 2001. Panjangnya mencapai 22 meter. Lebarnya, 6 meter. Dan, tingginya, yakni 4,5 meter.

Bila dibandingkan dengan patung yang ada di Tahiland dan Nepal, patung ini termasuk urusan ketiga setelah keduanya.

Namun meski hanya termasuk urutan ketiga, keberadaan patung ini merupakan prestasi luar biasa untuk Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan negara yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Keberadaan patung ini dan patung-patung yang lain menujukkan bahwa toleransi keberagamaan di Indonesia masih berjalan. Dan, sampai sekarang umat Buddha dapat melaksanakan ritual dan praktik keagamaannya dengan tenang tanpa ancaman dan konflik (baca juga: Detik.com).




:087784127323
:redaksi@sejarahri.com
:@SejarahRI
:Sejarah Indonesia
:sejarahri.com
Twitter
Fans Page
Copyright 2016 | SejarahRI.com | All Right Reserved
Powered By Apelijo.id
nmd runnner nmd runnner black nmd runnner white nmd runnner grey nmd runnner gs ultra boost ultra boost black ultra boost white ultra boost grey ultra boost gs ultra boost uncaged ultra boost uncaged black ultra boost uncaged white ultra boost uncaged grey ultra boost uncaged gs yeezy boost 350 yeezy boost 350 black yeezy boost 350 white yeezy boost 350 grey yeezy boost 350 gs yeezy boost 350 v2 yeezy boost 350 v2 black yeezy boost 350 v2 white yeezy boost 350 v2 grey yeezy boost 350 v2 gs yeezy boost 750 yeezy boost 750 black yeezy boost 750 white yeezy boost 750 grey yeezy boost 750 gs